Selasa, 20 Oktober 2009

KOMUNIKASI DATA


1.Apa yang dimaksud dengan komunikasi
data?

Komunikasidata adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.

2. Sebutkan komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam komunikasi data?dan jelaskan masing masing komponen tersebut?

Berikut merupakan komponen-komponen Komunikasi Data:
• Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
• Penerima, adalah piranti yang menerima data
Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
• Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
• Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan
hubungan.

Berikut merupakan ilustrasi dalam komunikasi data

3. Berikan penjelasan tentang sinyal analog dan signal digital beserta dengan perbedaannya?

Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter /karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.

Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.



http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/jaringan-komputer/komunikasi-data-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar